Home / Gallery Foto / POSBINDU PTM RAJAWALI DESA CIBEUREUM

POSBINDU PTM RAJAWALI DESA CIBEUREUM

CIBEUREUM – Posbindu PTM Rajawali bersama Puskesmas Banjar I selenggarakan pelayanan kesehatan bagi warga. Rabu, 04/02/2020.

Posbindu PTM Rajawali dibentuk pada bulan Januari 2020 dengan diketuai oleh H. Daswa Tarsudin S.P yang anggotanya terdiri dari unsur kader, LPM, serta Karang Taruna.

Kegiatan yang diberikan berupa pelayanan kesehatan yang dilaksanakan satu bulan sekali tepatnya pada hari Rabu pertama pada setiap bulannya, bertempat di aula desa mulai dari jam 08.00 sampai dengan selesai.

Selanjutnya sasaran peserta posbindu PTM ini di targetkan untuk pelayanan kesehatan rentang usia dari 15 tahun s/d 59 tahun.

Dengan adanya Posbindu PTM ini bertujuan sebagai upaya pencegahan dan pendeteksian dini beberapa penyakit tidak menular pada masyarakat diantaranya jantung, diabetes, hipertensi, sakit kepala serta penyakit lainnya.

Menurut Rena Lestari selaku petugas penyuluh kesehatan menerangkan kegiatan Posbindu PTM ini merupakan kegiatan yang berasal dari masyarakat untuk masyarakat.

Ada lima tahapan dalam pelayanan posbindu PTM Rajawali,
Tahapan tersebut meliputi Tahap pertama pendaftaran. Kedua pengukuran, meliputi pengukuran tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkaran perut serta pengukuran indek masa tubuh. Ketiga wawancara, wawancara tersebut mengenai riwayat penyakit dan aktifitas sehari-hari pasien.
Keempat, pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari meja wawancara. Jika beresiko maka perlu dilakukan uji laboratorium.
Meja lima konseling pemberian edukasi pola hidup sehat untuk mencegah atau mengurangi resiko penyakit tidak menular. (SID)

About admin

Check Also

Pelatihan dan Pembekalan Materi Untuk Tim Penyusun RPJM Desa

Selasa, 09/06/2020. Pelatihan Tim Penyusun RPJM Desa Tahun 2020-2025. Kegiatan pelatihan bertempat di ruang rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini:

Powered by moviekillers.com