Home / Rilis Kegiatan / Musyawarah Pembangunan Dusun Sekaligus Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat Dusun Babakan

Musyawarah Pembangunan Dusun Sekaligus Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat Dusun Babakan

Babakan – dusun babakan adalah salah satu dusun yang ada di desa cibeureum kecamatan banjar yang bertepatan di perbatasan kabupaten ciamis. Warga dusun babakan mengadakan musrembangdus (musyawarah rencana pembangunan dusun) yang diselenggarakan di balai dusun babakan, yang di hadiri oleh beberapa staf atau perangkat desa cibeureum dan kepala dusun, RT, RW, PKK, Posyandu ,Karang taruna, ketua DKM, BPD dusun babakan, ketua LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta beberapa masyarakat dusun babakan.(07-08-2017)

Dalam musyawarah kali ini membahas tentang beberapa rencana program kerja di tahun mendatang atau tahun 2018, ada 4 program inti yang dibahas di dalam musyawarah tersebut, diantaranya yaitu :

  1. Rancana pemeliharaan WC umum di RT 10,
  2. Pemeliharaan sumber mata air di RT 08,
  3. Pembangunan (pengaspalan Jalan DKM) RT 08,
  4. Pembangunan drainase di RT 06, 07, 08, 09,10.

Adapun beberapa pembahasan mengenai program pertama yaitu pemeliharaan atau rehabilitas kembali WC umum yang sudah ada namun ada satu kendala mengenai pemeliharaan WC umum tersebut dikarenakan status tanah yang masih hak milik sendiri atau individual, sedangkan untuk pembangunan WC umum tersebut tempat atau tanah harus berstatus tanah hibah atau milik desa.

Selanjutnya untuk pemeliharaan sumber mata air yang ada di RT 08 masyarakat mengharapkan untuk merehab ulang sumber mata air sebagai salah satu kebutuhan masyarakat setempat, pembangunan jalan ke RT 06 yang harus di perlebar. Menurut ketua RT 06 “Jalan Teh Ges Aya Tapi Hayang Di Gedean Supaya Asup Mobil”. Dan rencana pembangunan drainase di RT 06, 07, 08, 09, 10 yang dilihat sesuai dengan kebutuhan yang mencapai nilai tertinggi setelah melakukan beberapa survey akhirnya rencana pembangunan drainase itu dipilih salah satu dari 5 RT tersebut dan akhirnya keputusan dari hasil survey atau musyawarah rencana pembangunan drainase akan dilaksanakan di RT 06.

Menurut bapak sekdes cibeurem segala sesuatu hal yang berbentuk infrastruktur harus jelas alur koordinasi antara pemilik status tanah dengan rencana pembangunan.

Namun ada 2 hal yang masih menjadi perbincangan di dusun babakan yaitu mengenai pembangunan posyandu dan penyaluran sumber mata air ke dusun babakan. Untuk pembangunan posyandu kendalanya ada pada alokasi tempat yang belum ada atau belum tersedia, menurut team penyusun rencana pembangunan, tanah yang akan di bangun untuk posyandu yaitu harus tanah milik desa dan dikarenakan desa belum memiliki tanah maka berdampak pada pembangunan posyandu yang tertunda.

Pada dasarnya masyarakat dusun babakan mempunyai harapan utama yang sudah dibangun tetapi penyaluran yang tidak sampai ke setiap rumah warga yaitu penyaluran air bersih. Dikarenakan adanya mis komunikasi antara warga dan pemborong proyek, menurut “bapak eeng saelaku ketua LPM dusun babakan menyampaikan keluhan mengenai penyaluran air yang tidak sampai ke setiap rumah warga dikarenakan pipa yang tidak sesuai dengan kebutuhan untuk penyaluran air ke rumah warga”, namun menurut pemborong proyek mengatakan bahwa saluran air yang ada di dusun babakan tersebut mengalir dengan lancar. Hal ini disinggung juga oleh ketua LPM Desa cibeureum yang sekaligus memberikan solusi untuk membicarakan ulang permasalahan saluran air bersih. “bahwa untuk permasalahan yang terjadi di saluran air akan diadakan pembuktian secara rill yang dihadiri oleh masyarakat, perangkat desa, ketu LPM, dan pemborong proyek”. Menurut bapak sekdes “saya mewakili kepala desa menyetujui adanya pembuktian tersebut”. (Iwan Firdaus/296)

About admin

Check Also

Pelatihan dan Pembekalan Materi Untuk Tim Penyusun RPJM Desa

Selasa, 09/06/2020. Pelatihan Tim Penyusun RPJM Desa Tahun 2020-2025. Kegiatan pelatihan bertempat di ruang rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini:

Powered by moviekillers.com